Skin Tips

Masih Bingung? Inilah Beda Skincare dan Kosmetik

perbedaan skincare dan kosmetik
Written by gloskinbanjarmasin

Bungas Talk | Gloskin Banjarmasin – Dunia boleh mengalami pandemi berkepanjangan. Namun ternyata bisnis skincare masih saja booming. Berbagai merek skincare yang sudah kita  kenal lama. Namun juga ada  beberapa merek baru  hadir.

Banyaknya merek skincare yang beredar di Indonesia kadang-kadang membuat kita bingung, harus pilih yang mana. Ada yang merek luar, banyak pula yang merek lokal. Bagaimana dengan kita sebagai konsumennya? Tentu saja kita sebagai konsumen harus waspada dan pandai-pandai dalam memilih, mana yang aman dan sesuai kebutuhan kita.

Selain banyaknya skincare baru yang beredar tadi, kita juga mengenal berbagai merek kosmetik dipasaran. Apa sebenarnya perbedaan skincare dan kosmetik?

Bungas Talk : Perbedaan Skincare dan Kosmetik

bungas talk maret 2021

Dr Elizabeth, dokter ahli kecantikan, dalam Webinar “Bungas Talk” yang diadakan Gloskin Aesthetic Clinic Banjarmasin dan Female Blogger of Banjarmasin (FBB), belum lama ini, menyebutkan persyaratan kosmetik yang baik harus memenuhi standar persyaratan mutu serta persyaratan lain yang ditetapkan, diproduksi dengan menggunakan cara pembuatan kosmetik yang baik, terdaftar dan mendapat izin edar dari BPOM.

Apa itu kosmetik?

BPOM RI menyebutkan kosmetik bisa didefinisikan sebagai suatu bahan untuk digunakan pada bagian luar tubuh (epidermis,rambut,kuku,bibir dan organ genitalia bagian luar dll) untuk membersihkan, mewangikan, mempercantik panampilan. Atau memperbaiki bau badan/melindungi tubuh sehingga kondisinya baik

Apakah skincare termasuk kosmetik? Nah, menurut dr Eli, kosmetik berdasarkan kegunaannya dibagi dua yaitu kosmetik perawatan kulit (skin care) dan kosmetik riasan (dekoratif/make up). Dengan kata lain, skincare masuk dalam kategori kosmetik juga.

Namun secara spesifik, skincare diartikan sebagai serangkaian kegiatan perawatan kulit yang mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Skin care bisa juga diartikan sebagai perawatan kulit dalam jangka panjang.

Nah, pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya dikategorikan sebagai berbagai produk perawatan kulit atau skincare yang umum digunakan.

Perbedaan Skincare dan Kosmetik

Mengapa harus memakai skincare? Banyak yang mengatakan skincare mempunyai ragam manfaat. Salah satunya adalah membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan sekaligus memperbaiki masalah kulit yang dialami. Sebut saja jerawat, keriput, bintik atau flek hitam pada wajah dan banyak permasalahan kulit lainnya.

Skincare juga dipercaya memperlambat proses penuaan seseorang bahkan membuat kulit bernutrisi.kembali. Skincare bisa dikatakan ragam kosmetik yang bisa digunakan dalam jangka panjang. Khasiatnyapun bisa Anda rasakan dalam jangka panjang juga.

Biasanya skincare terdiri dari sabun pencuci muka (face wash), toner, pelembap wajah (moisturizer), serum, tabir surya (sunscreen), krim pagi dan malam (day cream & night cream), eye cream, pelembap bibir (lip balm), clay mask, scrub dan banyak lagi.

Kapan harus menggunakan skin care? Nah, skincare ini dapat Anda digunakan setiap hari. Biasanya dari pagi hingga malam. Misalnya memulai hari dengan mencuci wajah, toner, serum, day cream, sunscreen dilanjut malam hari memakai serum, night cream, eye cream, dan lipbalm.

Harga skincare di pasaran tentu saja beragam. Sesuai merek tentunya. Namun yang jelas, rangkaian skincare biasanya lebih mahal daripada kosmetik secara umum. Apalagi skincare digunakan dalam jangka panjang sehingga budget untuk penggunaan skincare juga lebih besar.

Oh iya, skincare juga disarankan digunakan ketika memasuki usia awal 20-an. Tentu saja untuk menghindari penuaan dini dan merawat wajah sedini mungkin. Tentu saja mencari skincare yang tepat buat Anda suatu tantangan tersendiri. Banyak pilihan di pasaran, tentu harus cermat memilihnya.

Bagaimana dengan kosmetik? Intinya, kosmetik digunakan untuk mempercantik seseorang dan biasanya digunakan dalam jangka waktu tertentu saja. Misalnya seseorang ingin menghadiri suatu acara dan harus menggunakan beberapa riasan berupa kosmetik tertentu.

Manfaat kosmetik antara lain menyamarkan wajah asli seseorang.Dengan kosmetik dan penata make up yang tepat, bagian-bagian wajah yang “tidak pas” bisa tertutupi. Saat ini kitaengenal berbagai jenis kosmetik baik yang berupa merek lokal maupun kosmetik impor, dengan berbagai harga.

Kosmetik umumnya terdiri dari primer, foundation, bb cream dan seri serupa, bedak, contour, cushion, concealer, eyebrow pensil, eyeliner, lipstick, maskara dan  lainnya.

Kesimpulan

Menarik sekali ya sahabat Bungas. Ternyata skincare termasuk dalam kategori kosmetik. Hanya saja fungsinya yang berbada. Ingat ya untuk selalu bijak dalam memilih kosmetik. Kenali dulu jenis kulit kalian dan pilah pilih yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Salam, 
Gloskin Banjarmasin

About the author

gloskinbanjarmasin

Leave a Comment