Skin Tips

Cara Cek Expired Skincare yang Perlu Anda Ketahui

cara cek expired skincare
Written by gloskinbanjarmasin

Bungas Talk | Gloskin Banjarmasin – Menggunakan skincare di masa kini seperti menjadi kebutuhan yang tidak lepas. Merawat diri dengan skincare menjadi salah satu bukti mencintai diri sendiri. Selain mencegah penuaan dini, perawatan dengan skincare bisa membuat kulit lebih sehat.

Namun tidak jarang, ada beberapa kesalahan dalam penggunaan skincare, salah satunya adalah tidak mengecek tanggal kadaluarsa yang tertera. Bukannya mendapatkan kulit yang bagus, malah akan mendapat masalah. Lalu apa yang harus kita ketahui tentang rentang waktu penggunaan produk skincare kita?

Daftar Jangka Waktu Pemakaian Produk

Mengutip dari laman woke.id, dikatakan bahwa secara umum ada batas waktu untuk setiap produk. Untuk kosmetik riasan biasanya lebih lama. Mulai dari 6 bulan hingga 2 tahun. Misalnya foundation yang bisa bertahan 1 tahun, lipstik 2 tahun, blush on 2 tahun, dll.

Namun berbeda dengan skincare yang memiliki jangka waktu lebih cepat. Biasanya maksimal 1 tahun. Itu belum termasuk skincare yang sudah digunakan/dibuka. Apalagi menggunakan skincare yang berbentuk jar (disentuh menggunakan jari), maka akan lebih cepat terkontaminasi kuman.

Batas kadaluarsa krim malam mungkin berbeda dengan krim siang. Untuk skincare organik bahkan lebih cepat lagi. Jadi pastikan untuk membeli skincare yang tepat dan tahu berapa lama dia bertahan dalam jangka waktu tertentu.

Bahaya Menggunakan Skincare Expired

Apakah kosmetik kadaluarsa masih bisa dipakai? Tentu tidak ya. Kecuali digunakan untuk keperluan lain. Misalnya lipstik jadi spidol, toner dijadikan pembersih meja, itu mungkin masih bisa. Namun untuk wajah, jangan sekali-sekali dicoba.

Lalu apa sih bahaya dari penggunaan skincare yang sudah expired atau kadaluarsa? Nah, ternyata beberapa dampak yang bisa terjadi jika kita menggunakan skincare atau kosmetik kadaluarsa yaitu:

  1. Kulit Iritasi

Tidak ada yang menginginkan kulit iritasi akibat pemakaian skincare yang expired. Mungkin karena ingin berhemat, malah sebaliknya. Jangan sampai nanti jatuhnya lebih boros karena harus melakukan perawatan lanjutan untuk kulit yang iritasi.

  1. Masalah di Area Mata

Menggunakan skincare yang dioles di bagian bawah mata bisa menjadi berdampak juga pada area bawah mata. Jangan sampai disepelekan ya.

  1. Bibir Kering

Bibir kering bisa terjadi karena penggunaan lip balm atau pelembab bibir yang ternyata sudah kadaluarsa. Hati-hati!

  1. Gatal atau Kering

Menggunakan produk body lotion adalah salah satu skincare yang paling banyak digunakan. Namun hati-hati jika ternyata menggunakan body lotion bukannya malah lembap namun malah bikin kulit jadi gatal dan kering. Mungkin saja itu sudah kadaluarsa.

  1. Muncul Jerawat

Munculnya jerawat bisa diakibatkan dari berbagai faktor. Mulai dari jenis kulit, makanan, bahan skincare, hingga skincare yang expired. Tetap harus hati-hati.

Cara Cek Expired Skincare

Ada beberapa metode untuk cara cek skincare yang expired. Setiap produk bisa jadi sama atau bahkan berbeda. Yuk simak caranya:

1. Periode After Opening

Periode After Opening atau disingkat PAO adalah jangka waktu penyimpanan produk setelah dibuka. Biasanya diberikan simbol wadah terbuka dan di bagian tengah ada angka dan huruf M yang menandakan berapa lama produk itu bisa awet setelah dibuka. Jadi meski expired belum sampai namun ada tanda ini, ikuti tanda PAOnya ini ya.

tanggal setelah skincare dibuka

2. Manufactured Date

Tanggal produksi biasa disingkat dengan MFG. Buat teman-teman yang tidak menemukan tangal expired, bisa mengecek tanggal produksinya. Karena tidak semua negara mewajibkan tanggal expired. Misalnya bertuliskan MFG 100622019, berarti produk tersebut diproduksi tanggal 10 Juni 2019. Selanjutnya silakan mengecek jangka waktu masing-masing produk.

3. Barcode/Cek Secara Online

Untuk produk luar negeri biasanya meyertakan barcode. Anda bisa mengecek di www.checkcosmetic.com untuk informasi lengkap mengenai tanggal produksi dan masa simpan. Beberapa produk Indonesia sudah bisa diperiksa dengan ini, namun kebanyakan hanya bisa produk luar negeri.

barcode skincare

4. Tanggal Expired

Nah ini biasanya sudah jelas di setiap produk jika ada tanggal expired ditandai dengan huruf EXP. Biasanya diikuti uruttan tanggal bulan dan tahun, atau bulan dan tahun saja. Atau dengan format YYYY/MM/DD. Biasanya terletak diujung produk dan dicetak emboss (timbul).

tanggal expired skincare

5. Cek Kondisi

Cara terakhir adalah mengecek kondisi skincare yang kita gunakan. Jika sudah berubah warna, jadi berbau, hati-hati bisa jadi itu sudah kadaluarsa. Adapun cara membaca expired date kosmetik korea biasanya cukup melihat simbol Bahasa korea yang tertera. Bisa dilihat di gambar di bawah ini

cek kondisi skincare

Kesimpulan

Menggunakan skincare tidak hanya menyenangkan tapi juga harus berhati-hati. Jangan sampai niat untuk memprebaiki kulit wajah malah terjadi sebaliknya akibat tidak paham bagaimana mengecek kadaluarsa pada skincare.

Perhatikan poin-poin penentu kadaluarsa mulai dari Periode After Opening, Manufactured Date, Barcode, Tanggal Expired, hingga Cek Kondisi secara manual.

Ingat untuk mengambil skincare dalam jar dengan tangan yang bersih. Jika tidak itu bisa memperecepat skincare kadaluarsa karena terkontaminasi kuman. Sekian artikel terkait cara cek expired skincare yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Salam,
Gloskin Banjarmasin

sumber:
https://www.woke.id/cara-cek-tanggal-kadaluarsa-kosmetik/
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-membaca-kosmetik-kadaluarsa/#:~:text=Setiap%20kemasan%20produk%20buatan%20pabrik,tertera%20pada%20barcode%20produk%20kosmetik.

Sumber gambar:
https://journal.sociolla.com/beauty/serba-serbi-masa-berlaku-dan-tanggal-kedaluwarsa-kosmetik

About the author

gloskinbanjarmasin

Leave a Comment