Skin Tips

Cara Memilih Skincare yang Bagus dan Tepat Sesuai Jenis Kulit

cara memilih skincare sesuai jenis kulit
Written by gloskinbanjarmasin

Skin Tips | Gloskin Banjarmasin – Memiliki kulit wajah yang sehat pasti menjadi dambaan setiap manusia yang ada di bumi, baik perempuan maupun laki-laki. Perlu peran penting skincare dan sifat konsisten terhadap apa yang dikerjakan. Lakukan secara bertahap untuk hasil yang maksimal. Untuk memilih skincare yang bagus diperlukan tips yang jitu, agar terhindar dari kesalahan dalam pengaplikasianya.

Penggunaan skincare itu sendiri bertujuan untuk mencegah ataupun mengurangi resiko terjadi pada permasalahan kulit, menghilangkan dark spot, mencegah penuaan hingga mengatasi jerawat, minyak secara berlebih.

Berkenalan dengan Arti Skincare

Ternyata skincare ini bagian dari kosmetik. Kosmetik yaitu suatu bahan/ sediaan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir & organ genitalia bagian luar) – BPOM RI No. HK.00.05.4.1745)

Penggolongan Kosmetik

  • Kosmetik Perawatan Kulit (Skincare)

Skincare, jika mentalaah dua kata dari skin yang artinya kulit, dan care merawat, maka dapat diartikan skincare artinya merawat kulit. Penjelasan lebih tepatnya yaitu serangkaian kegiatan perawatan kulit untuk mendukung kesehatan pada kulit.

Contoh : Sabun (face,body cleanser), cleansing milk, cleansing cream, toner, moisturizer, day & night cream, sunscreen, sunblock, face / body scrub dll.

  • Kosmetik Riasan (Dekoratif / Make-up)

lebih menitik beratkan fungsinya untuk mempercantik dan merias. Komponen penting pada (primer) pada umumnya adalah pewarna

contoh : Foundation, bedak, blush on, eyeshadow, lipstik, dll

Bagaimana Tips Dalam Mengecek Skincare Bagus dan Aman?

Sekarang banyak orang yang sudah mulai melek terhadap dunia kecantikan, dari anak muda sampai orang dewasa, dan juga orang tua. Mereka pasti memiliki tujuan yang sama, yaitu menjaga kulit agar tetap sehat dan mengurangi penuaan dini.

Bermacam-macam merk dari dalam maupun luar sudah banyak berjejer di pasaran ataupun toko online, sudah banyak dari mereka melakukan inovasi guna menghasilkan produk yang terbaik. Kebanyakan dari pengguna skincare membeli hanya karen booming atau lagi trend, padahal tanpa melakukan reset bisa berdampak pada iritasi pada wajah karena kandungan bahan tidak cocok dikulit.

Untuk itu sangat penting dalam membaca dan mempelajari kandungan yang terdapat pada skincare sebelum membelinya. Hal yang perlu diingat dalam pemilihan skincare apa yang dibilang bagus belum tentu aman terhadap jenis kulit. Supaya anda tidak salah dalam pemilihan skincare yang bagus dan aman berikut tips nya :

  1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Tahapan paling utama dan dikatakan  penting dalam pemilihan skincare yaitu penyesuaian jenis kulit. Umumnya ada tiga jenis kulit, yaitu normal, kering dan berminyak. Pastikan anda mengetahui jenis kulit yang ada punya. Jika merasa ragu terhadap tipe kulit seperti apa, disarankan untuk ke klinik kecantikan atau ke dokter. Jangan sampai salah menentukan jenis akan berdampak pada kesalahan dalam menggunakan bahan pada skincare yang dipakai.

  1. Pentingnya Memperhatikan Izin Produk

Untuk melihat produk itu bagus atau aman ketika diaplikasikan lulus uji dan terdaftar di Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM). Untuk produk yang sudah terdaftar dan lulus uji sudah pasti dikatakan aman. Tips untuk membeli atau menggunakan produk ini sudah terdaftar atau belum, bisa dicari menggunakan internet, nanti akan di jelaskan apakah kandungan yang terdapat berbahaya atau tidak, diberitahukan tempat produksi dan juga dokter yang meraciknya.

  1. Baca Komposisi Skincare yang Ingin Digunakan

Selain mengetahui izin bpom, sangat penting membaca dan memahami kandungan dari setiap skincare yang digunakan, atau bahan apa saja yang terdapat di dalam produk tersebut. Tujuan dari ini untuk menghindari bahan berbahaya.

  1. Stop ! Hindari Penggunaan Untuk Hasil yang Instan 

Sekarang sudah banyak skincare yang beredar untuk memutihkan kulit secara instan, secara cepat tetapi nyatanya salah dalam hal peracikannya. Jangan percaya sama yang dijual dengan kandungan yang tidak disebutkan. Bisa jadi itu mengandung bahan berbahaya. Memang benar putih secara cepat, tapi bahan yang menempel pada kulit bisa berakibat jangka panjang.

Perlu dipatahkan stigma atau pemikiran masyarakat yang mengatakan bahwa cantik itu harus putih. Yang benar adalah cantik itu ketika memiliki kulit yang sehat dan kenyal, tidak menggunakan produk yang akan merugikan dirinya di kemudian hari. Jangan terpengaruh dan jangan tertipu sama produk yang bisa mencerahkan dalam sekejap.

Ciri Skincare Berbahaya dan Tidak Aman digunakan Dalam Jangka Pendek Maupun Jangka Panjang

Beberapa ciri-ciri skincare dikatakan berbahaya dan bisa berdampak pada kondisi kulit, yaitu sebagai berikut :

  • Tidak mempunyai penandaan berupa nama atau merk.
  • Tidak mencantumkan ingredients dan manfaatnya
  • Cara penggunaan tidak jelas
  • Tidak mencantumkan tempat produksi
  • Tidak memiliki nomor BPOM
  • Tidak terdapat tanggal luarsa

Dampak dari Tidak Menggunakan Skincare

Penggunaan skincare kewajiban bagi semua umat wanita dan laki-laki, bagaimana jika skincare tidak menjadi hal yang wajib dalam dilakukan, pastinya memiliki dampak yang sangat serius. Pernah mendengar kata lebih baik mencegah daripada mengobati, hal itu berlaku juga dalam melakukan kegiatan skincare. Adapun dampak yang terjadi ketika lalai dalam menggunakan skincare.

  1. Banyak Kotoran Menumpuk di Kulit.
  2. Mempercepat Tanda Penuan.
  3. Kulit Lebih sensitif terhadap jerawat.
  4. Ketika dirias, akan kelihatan flek hitam sehingga sangat sulit untuk dirias.

Kesimpulan

Dalam memilih skincare yang bagus itu sangat diperlukan, agar terhindar dari penyalahan penggunaan produk dan juga efek setelah pemakaian. Jika tidak mengetahui jenis kulit, disarankan agar mengecek kondisi kulit bisa datang langsung ke klinik kecantikan ataupun konsultasi dengan dokter, hal ini berfungsi agar penggunaan skincare bisa secara tepat. Ingat, hindari penggunaan secara instan, hal itu bisa saja di dalam produk tersebut terdapat bahan yang tidak diperbolehkan ijin edar BPOM.

Salam, 
Gloskin Banjarmasin

About the author

gloskinbanjarmasin

Leave a Comment